01 June 2010

Hmmmm... gini,..

Gw berulang-ulang pengen banget nulis suatu tulisan yang berbicara mengenai komitmen. Bukan untuk asal ngomong ; "Oke! gw komit bakal..... "

Tapi ujung-ujungnya bakal melempem lagi trus akhirnya lupa (atau sengaja dilupain) dan akhirnya sesuatu yang dibilang komitmen tadi bakal terkubur lagi dalam daftar antrian panjang hal-hal yang bakal kita lakuin. Parah! ...

Gw nulis tentang ini bukan berarti diri gw sendiri udah termasuk dalam tipe manusia yang bisa pegang komitmen!.

Salah besar jika gw mengklaim diri gw bisa komit ama komitmen yang gw buat sendiri ataupun dibuat orang lain untuk gw. Justru gw nulis ginian buat ngingetin ke diri gw sendiri, kalau banyak ucapan gw yang udah sempet atau bahkan ga sengaja gw bilang sebagai komitmen yang belum direalisasikan, bahkan sengajaaaa banget untuk dilupain, pura2 nutup mata seolah2 gw ga pernah ngomong gitu... oolalaaaaa

Oke, mulai aja yuk..

Setelah mbaca dari buanyaaakk sumber, akhirnya bisa buat resume (sbenernya ada nyonteknya juga sih hehe) tentang hal-hal apa aja yang bisa dijadikan langkah-langkah untuk membuat kita tetep komit ama komitmen yang kita buat sendiri atau malah yang dibuatin ama orang lain.

1. Set The Goal

Pertama yang harus kita lakuin adalah menentukan tujuan kita dalam membuat komitmen itu sendiri. Hal-hal apa saja yang bisa jadi motivasi kita untuk lebih terpacu lagi mencapai apa yang kita mau. A motivation creates persistence and persistance gets the job DONE!!!

See... betapa kuatnya pengaruh dari sebuah penentuan tujuan dalam proses berkomitmen.

Contohnya gini..
dulu sewaktu gw masih jadi orang sekolahan, Gw belum berfikir setelah kuliah mau jadi apa kedepan ntar..
Pernah suatu saat gw pengen banget menjadi seorang legal advisor yang bener2 bisa diandalin, atau seorang legal analist yang hasil analisisnya bisa membuat suatu yurisprudensi...wew!
Tapi itu hanya sebentar… Ketika gabung dengan temen-temen yang ogah-ogahan, kembalilah gw apatis dengan semua tujuan gw tadi, dan akhirnya komitmen yang gw bangun saat pertama kali gw ngelangkahin kaki kegerbang kampus terbang lagi... Ujung-ujungnya selama 2 semester IP yang berhasil gw kumpulin *walaupun diatas angka 3* tapi tetep aja nggak memuaskan bagi gw!

Lalu di semester 3an gw kenal dengan temen-temen gw yang baru, temen-temen yang benar-benar men-setting fikiran dan tindakan mereka sesuai dengan yang seharusnya.. Settingan yang memiliki suatu alur dan jalur yang pass banget, yang nggak loncat-loncat, yang nggak meliuk liuk tapi tetep menyenangkan! ...

Gw tetep bisa maen ke mall, bisa nonton film apapun yg gw suka dll...
Dan akhirnya gw *ikut* kembali pada tujuan gw yang sebenernya udah gw set dari awal, memantapkan tujuan itu dan menjadikannya sasaran yang HARUS gw dapetin!.

Yap Tujuan, set ur goal!.. Ga peduli seberapa besar tujuan yang udah ditentuin itu, selama kita yakin kalau kita bener-bener menginginkan hal itu ...

Menurut bacaan gw, sebuah tujuan meyakinkan kita agar kita semua tau kemana harus melangkah, kemana harus berjalan. Tapi inget, ga sekedar harus punya tujuan aja, kita juga harus punya keyakinan yang besar didalam diri agar bisa tetep fokus ke tujuan yang udah ditentuin itu. Keep ur self focus by making it specific..
Tapiiiii sedikit tips nihhh….

"Buatlah tujuan itu sesimple mungkin! keep it short. Kalau tujuannya aja udah ribet takutnya jadi males trus drop hehehe"

2. Realisasikanlah

Yuhuuu... Visualize it!!!

Secara umum, manusia pasti berfikir secara visual. Maksudnya supaya kita lebih mudah mengerti maksud dari tujuan yang udah kita tentuin tadi. Do the same thing to ur goal!. Kalo misalnya kamu pengen ke Jawa *kaya saya hehehe *, baiknya cari deh informasi-informasi tentang daerah yang mau kamu kunjungin.

Liat foto-fotonya, belajar bahasa daerahnya hehehehe. Trus biar lebih memacu diri, gunting-guntingin info-info tentang daerah yang mau dikunjungi, gantung di tempat yang selalu bisa kamu liat...

Yup, pasti kamu bakal teringat kalau kamu bener-bener menginginkan pergi kesana dan siap ngelakuin apapun untuk ngedapetinnya. Nambah motivasi juga kaaaaann?

3. Lakukanlah


Hehe mirip judul lagu wkwkwkwkw

Maksud lakukanlah disini bukan hanya sekedar ngomong!. Memang kenyataannya ngomong lebih mudah daripada ngelakuinnya secara langsung. Menjalani komitmen ga akan bisa semudah koar-koar ama temen kalo kita pengen sesuatu.

Jangan belain rasa males kamu dengan cara menunda-nunda melakukan apa yang udah diniatin, trus diviasualisasikan hanya [lagi-lagi] jadi mimpi. Lakukan sekarang atau kamu bakal malu hehehe
Whatever u can do or dream you can, Begin it!!!!

4. Dukungan dari lingkungan sekitar

Percaya atau nggak, lingkungan disekitar kita amat sangat berpengaruh besar pada kesuksesan komitmen tang kita bangun. Let everybody know about ur commitment dan minta bantuan dari mereka untuk mendukungnya.

Coba deh, ketika “iman komit” kita sedang goyah, minta bantuan teman-teman/keluarga *pokoknya makhluk yang ada disekeliling kita* :) buat mendukungnya, karna yakinlah menghindari lingkungan yang bertolak belakang dengan komitmen bakal bisa menguatkan "iman komit" kamu.

5. Inspiring Moments

Motivasi dan komitmen itu ibaratnya tubuh kita yang dapat tumbuh semakin dan seeemakiin gede juka diberi asupan makanan dan gizi yang cukup. Motivasi bisa datang dari mana aja.

Banyak cara yang bisa dilakuin untuk menambah motivasi menjalani sebuah komitmen, bisa dari buku-buku yang dibaca, film yang ditonton atau bahkan dari pengalaman diri sendiri atau juga orang lain yang bisa menginspirasi dan menambah pengalaman. Buktiin deh, jika membaca atau nonton film atau hanya sekedar tips-tips yang pass banget ama goal yang udah kamu tentuin didepan tadi pasti bisa bikin komitmen jadi makin kuat.

6. No Excuses, No Complaining


Maksudnya gini, jika kita menginginkan sesuatu, nggak akan ada alasan untuk nggak berusaha meraih keinginan tersebut. Bener gak??
Gw fikir ini memang bagus bener, karna setiap orang yang ingin mencapai suatu tujuan pasti tau bener berapa harga yang harus mereka bayar untuk sampai pada tujuannya tersebut. Dan yang terpenting, mereka ga akan pernah membuat-buat alasan sebagai pembenaran kalau suatu saat mereka gagal atau menemui banyak banget halangan untuk sampai ke tujuan yang udah ditentuinnya itu.

Dan pastinya menurut gw itulah arti sebenernya dari sebuah komitmen. Melakukan apa yang harus dilakukan, no matter what, untuk meraih apa yang diinginkan. Mengeluh Cuma buat apa yang sedang dikerjakan makin terasa berat. Rileks aja yooo, toh kalo sukses ntar yang pertama kali merasakan hasilnya kita sendiri toh?

7. Overcome Obstacles


Resiko! Pasti ada yang namanya resiko disemua tindakan dan keputusan yang kita ambil.

Contohnya kalau kita udah berani ambil keputusan untuk menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis kita *biasanya disebut pacaran*. Sejak awal jadian, kita sudah seharusnya mau terima baik buruknya sifatnya cowok/cwek kita itu. Mungkin memang sulit diawal-awal, tapi bakal bisa terbiasa as time goes by.
Hal ini nggak terlalu jauh dari kehidupan yang kita jalani sehari-hari. Di awal-awal kita pasti merasa adaaaa aja halangan yang menggoda kita buat mundur dari keputusan untuk membuat komitmen yang udah kita rancang sedemikian rupa.

Kalau mau dibuat sketsanya gini…

Ketika kita fokus pada tujuan yang ada dihadapan kita, rasanya tujuan tersebut akan sangat dekat dengan ujung kaki kita ketika melangkah. Tapi pada saat sedikit saja kita meleng dari tujuan tersebut, yang bakal kita lihat pasti hambatan dan rintangan. So… just stick to your goal when you have obstacles, then nothing else matter.

8. Finnish what u start

Disaat kita hampir sampai goal yang udah kita tentuin, melewati berbagai macam halangan juga resiko yang mungkin ada, sampai-sampai menggoyahkan ‘iman komit’ yang kita punya. Pasti rasanya puas banget jika tujuan itu udah ada digenggaman tangan kita.

Tapi, gimana rasanya jika pekerjaan setengah jadi? Apa gunanya??? Kalau telur setengah masak sih enak, bergizi lagi… hehehe

Hufh… rasanya semua hal yang udah dilakuin diatas jadinya sia-sia kalau akhirnya kita berhenti ditengah jalan. Udah capek usaha tapi nggak ada hasil yang bisa dirasakan, dan kalau udah kejadian kayak gini, what will u get except for the fact that u’re not strong enough to fight for what u want?..

Halahhh memang banyak orang bilang ; “ya udah…mungkin bukan rezeki gw!”.. atau malah bilang “hmm mungkin lain waktu…”
Tapi kan ga bisa se simple itu…
Komitmen juga artinya tanggung jawab terhadap apa yang sudah kamu mulai ndukk heheh Buktiin ama dunia dan yang terpenting ama diri sendiri that u’re not a quitter! *ini kalimat yang sering banget dibilang si Boss* hehehe

Soo...
stay commit 2 our Commitment

0 comment:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2011 Adiba's Mommy. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.
Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics